Bangunan Peninggalan Zaman Kolonial Belanda Yang Masih Berdiri Sampai Saat Ini

Bangunan Peninggalan Zaman Kolonial Belanda Yang Masih Berdiri Sampai Saat Ini

Arsitektur kolonial yang muncul pada masa penjajahan Belanda di Indonesia terus berkembang termasuk dengan adanya pencampuran budaya Indonesia. Hal inilah yang membuat arsitektur kolonial di Indonesia menjadi fenomena budaya yang unik.

Bangunan dengan arsitektur kolonial ini bisa dibilang cukup kokoh dan juga memiliki langit – langit yang tinggi dan membuat siklus udara di sini menjadi lancar dan juga suasana sejuk.

Hal ini dibuktikan dengan masih adanya bangunan-bangunan yang terawat dengan baik tanpa menghilangkan karakteristik aslinya. dan masih sama seperti pada zaman sebelum kemerdekaan dahulu. Berikut adalah bangunan kolonial di indonesia yang masih berdiri dan beroperasi sampai saat ini

Bangunan Peninggalan Zaman Kolonial Belanda Yang Masih Berdiri Sampai Saat Ini

Benteng Van Der Wijck, Kebumen

Benteng Van Der Wijck merupakan salah satu benteng peninggalan belanda  yang digunakan untuk  situs judi bola  menahan tentara Pangeran Diponegoro. Dengan desain yang masih mengandung struktur kolonial belanda, benteng ini masih aktif dan terawat sampai detik ini. Selain itu, beredar cerita mistis yang ada di bangunan ini. Katanya, di benteng ini sering terdengar suara derap kaki tentara Belanda.

Gereja Kelahiran Santa Perawan Maria

Selanjutnya ada Gereja Kelahiran Santa Perawan Maria yang merupakan gereja tertua di Surabaya. Arsitekturnya bergaya Eropa Neo Gotic dengan jendela berbentuk bundar di setiap sisinya. Merupakan peninggalan belanda di indonesia.

Jendela tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Gereja ini juga dikenal dengan nama Gereja Katolik Kepanjen dikarenakan lokasinya di Jalan Kepanjen tepat di depan SMP Negeri 2 Surabaya ini. Selain itu, bangunan gereja ini masih terawat dan digunakan sebagai tempat beribadah sampai saat ini loh.

Museum Fatahillah – Jakarta

Kamu pasti tahu https://www.desawisatatukak.com/ tentang bangunan yang satu ini. Memang benar Bangunan Museum Fatahillah dulunya merupakan Balai Kota Batavia atau juga yang sering disebut Stadhuis. Bangunan ini termasuk bangunan peninggalan belanda di jakarta dan dibangun atas perintah Gubernur Jendral Johan Van Hoorn dalam kurun waktu 1707 hingga 1710. Uniknya bangunan Museum Fatahillah mempunyai kembaran di Kota Amsterdam, Belanda yakni Istana Dam. Dulunya memang Museum Fatahillah sengaja dibuat menyerupai Istana Dam. Namun, sekarang beralih fungsi menjadi salah satu situs bersejarah yang dapat kamu kunjungi

By Swornes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *